Saturday, June 27, 2009

Ken Dedes, putri yang cantik, putih, kinclong dan lemu ginuk-ginuk

Ken Dedes

Ken Dedes termasuk puteri Jawa yang berhasil mengukir nama nya dalam sejarah.
dia dikenal sebagai putri yang elok rupawan, ayu, cantik, jelita, dan bersinar paras muka nya. Lebih dari itu, Ken Dedes dikenal sebagai ARDHANARESWARI atau "mempunyai rahim agung dan luhur" yang akan melahirkan tokoh tokoh besar.

Ken Dedes adalah anak seorang Mpu yang bernama Purwo Widodo seorang pujangga agung pemeliuk agama Budha dan menganut aliran Mahayana. Mpu itu sedang pertapa di Panawijen (kira kira diantara gunung kawi dan kediri). Kecantikan Ken Dedes sangat termashur terdengar oleh Tunggul Ametung.

Rumah Mpu Purwo sendiri berada di jalan Polowijen, Malang

Pada suatu hari Tunggul Ametung mendatangi Panawijen, tapi saat itu Mpu Purwo tidak ada ditempat.. akhir nya Tunggul Ametung menculik Ken Dedes, dan memperistri gadis cantik tsb.

Selama menjadi istrinya Tunggul Ametung, kalau mandi, Ken Dedes, lewat di jalan kramat, karena rumahnya itu di lokasi pesantren Bungkuk. Pemandiannya sendirei ada dua tempat, yang pertama di Watugede Singosari dan yang kedua di desa mbiru Singosari. Karena wajahnya ingin tetap cantik, maka setiap pekan, dia pergi ke pemandian candi sumber awan di lokasi candi sumber awan.

Sebetulnya yang disebut cantik itu relatif. Orang jaman dulu yang disebut cantik itu yang putih, jidatnya klimis, putih dan lemu ginuk-ginuk.

Mpu Purwo setelah tau anak nya di culik. mengeluarkan serapah: "semoga yang melarikan anakku, tidak lanjut mengenyam kenikmatan. Semoga ia ditusuk keris dan diambil istri nya oleh orang lain".. sebaliknya untuk anak nya ia berdoa "Adapun anakku yang menyebabkan gairah dan bercahaya terang, doaku kepadanya, semoga ia mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan besar"


Ken Dedes diperistri Ken Arok, karena dia terkesima kecantikan Ken Dedes dan pernah menyaksikan Ken Dedes yang tersingkap seweknya. Akhirnya Ken dedes menurunkan banyak keturunan raja jawa termasuk raja Majapahit.


Sumber : http://hariribowo1.multiply.com/journal/item/69/KEN_DEDES

No comments: