Tuesday, May 22, 2012

Kota Istambul


Istanbul, Kota Impian Para Raja (2)“Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” (HR Ahmad bin Hanbal Al-Musnad)

Prediksi Rasulullah SAW mengenai kejatuhan Konstantinopel itu akhirnya benar-benar terbukti. Kamis, 26 Rabiul Awal 857 H/6 April 1453 M, pasukan tentara Muslim di bawah komando Sultan Muhammad II tiba di ibukota negara adikuasa bernama Bizantium. 

Sultan pun berkirim surat kepada penguasa Bizantium yang berisi ajakan untuk masuk Islam atau menyerahkan Konstantinopel secara damai. Perang menjadi pilihan terakhir.
Namun, penguasa kota itu,  Constantine Paleologus, menolak seruan dakwah dan berkukuh tak mau menyerahkan Konstantinopel ke tangan Umat Islam. Paleologus lebih memilih jalan perang.

Pasukan tentara Bizantium dibantu Kardinal Isidor, Pangeran Orkhan dan Giovanni Giustiniani dari Genoa, siap menghadapi meriam-meriam tercanggih dan 130 ribu tentara Muslim. Lantaran tawarannya ditolak, Sultan ketujuh dari Kerajaan Usmani itu pun mulai mengobarkan semangat jihad. 

Gema takbir terus membahana seiringderasnya serangan yang dilancarkan pasukan Sultan Mehmed begitu orang Barat menyebutnya ke benteng Bizantium yang kokoh.
Pertempuran hebat pun meletus. Kerajaan Ottoman dengan strategi, teknologi perang, serta kepemimpinan militer yang tangguh, dan 130 ribu pasukan akhirnya berhasil membungkam kepongahan Bizantium.

Setelah 53 hari berjibaku angkat senjata, dengan semangat jihad pasukan Sultan Muhammad akhirnya berhasil menguasai Konstantinopel. Harapan dan impian umat Islam untuk menundukkan Bizantium yang telah dirintis sejak tahun 664 M akhirnya tercapai. 

Kemenangan yang tertunda selama 800 tahun itu akhirnya tiba juga. Sejak saat itu, bendera Kerajaan Usmani  berkibar di langit Konstantinopel, kota impian para raja, kaisar dan sultan. Konstantinopel pun memasuki era baru. Kota itu lalu berganti nama menjadi Istanbul yang berarti ‘kota Islam’, sekaligus menjadi ibukota Kerajaan Ottoman. (Republika, 22 Mei 2012).



Sebuah momentum penting dalam sejarah dunia. Kali pertama menduduki kota penting itu, Kerajaan Usmani mulai menegakkan hukum di kota itu. 

Tak ada pembantaian terhadap penduduk Konstantinopel. Bahkan, pemerintahan Islam Usmani bekerja sama dengan umat Kristen untuk kembali membangun perekonomian, menjalin persahabatan dengan Yunani. 

Dinasti Usmani juga terus mengepakkan sayap kekuasaannya ke wilayah Mesir, Arabia, dan Syria (Suriah). Yang tak kalah pentingnya, kerajaan Usmani menyebarkan ajaran Islam hingga ke kawasan Balkan.
Seiring dengan menancapnya dominasi Islam, wajah bekas kota Konstantinopel itu pun berganti rupa. Bangunan masjid bermunculan, namun tetap dengan corak arsitektur Bizantum yang khas.
Tak heran, jika pengaruh Bizantium ikut mewarnai gaya arsitektur Islam di Turki. Kemegahan bangunan Gereja Aya Sofia banyak mewarnai arsitektur masjid di Istanbul. 

Di bawah kekuasaan Daulah Usmani, Istanbul terus berbenah. Pembangunan pun terus berlanjut, sepeninggal Sultan Muhammad (Mehmed) II.
Pada era kepemimpinan Sultan Sulaiman I (1520-1566), pada tahun 1550 di Istanbul berdiri Masjid Sulaiman. Bangunan masjid itu berdiri kokoh dengan empat menara dan kubahnya lebih tinggi dari Aya Sofia.

Guna menambah jumlah penduduk Muslim di Istanbul, umat Islam yang tinggal di Anatolia dan Rumeli dianjurkan untuk bermigrasi ke Istanbul. Akhir 1457, migrasi besar-besaran terjadi dari Edirne, bekas ibukota Kerajaan Usmani, ke Istanbul.

Pada 1459, kota terbesar di Eropa itu dibagi menjadi empat wilayah administratif. Sebagai sebuah kota besar pada zamannya, di Istanbul pun berdiri berbagai sarana dan prasarana publik. Tak kurang ada 81 masjid besar serta 52 masjid berukuran sedang di kota itu. 

Untuk mendidik para generasi muda, tersedia 55 madrasah, tujuh asrama besar untuk mempelajari Alquran. Fasilitas sosial pun bermunculan, tak kurang lima takiyah atau tempat memberi makan fakir miskin berdiri.

Tiga rumah sakit disediakan untuk mengobati penduduk kota.Tujuh buah jembatan juga dibangun untuk memperlancar arus transportasi. Guna menunjukkan kejayaannya, Kerajaan Usmani membangun 33 istana dan 18 unit pesanggrahan. 

Selain itu, 33 tempat pemandian umum juga telah disediakan di berbagai penjuru kota. Untuk menyimpan benda-benda bersejarah, pemerintah Usmani pun menyediakan lima museum. ( Republika , 22 Mei 2012 )

Pada 14 Juli 1509, Istanbul sempat diguncang gempa bumi dahsyat atau yang dikenal sebagai ‘kiamat kecil’.

Ribuan bangunan yang awalnya berdiri kokoh akhirnya luluh lantak. Mulai 1510 M, Sultan Bayezid bahu membahu membangun kembali Kota Istanbul selama 80 tahun. Hingga akhirnya, kota itu kembali tampil megah dan gagah.

Pada tahun 1727 M, pada masa Ibrahim Muteferika seorang ilmuwan terkemuka di Istanbul, dibuka percetakan. Seiring dengan lahirnya fatwa dari Syekh Al-Islam kerajaan, buku-buku selain Alquran, hadits, fikih, ilmu kalam dan tafsir juga mulai diperbolehkan untuk dicetak. 

Sejak itulah, buku-buku tentang kedokteran, astronomi, ilmu pasti, sejarah, dan lainnya  dicetak. Apalagi mulai 1727 sudah mulai berdiri badan penerjemah.
Sayangnya, ketika imperium Usmani memegang kendali kekuasaan, jejak peradaban yang ditinggalkan pada abad ke-8 M sampai ke-13 M tak dilanjutkan.

Daulah Usmani lebih  berkonsentrasi membangun pertahanan dan armada perang untuk memperluas wilayah kekuasaan, ketimbang membangun universitas dan pusat-pusat riset ilmu pengetahuan.

Seiring kemunduran yang dialami Kerajaan Usmani, Turki akhirnya berubah haluan menjadi negara sekuler pada 1923. Di bawah kepemimpinan Kemal Attaturk, sekularisme menjadi ideologi negara.
Semua simbol Islam dilarang, penggunaan bahasa dan aksara Arab diganti huruf Latin. Dakwah diawasi. Bahkan pada 1925, Attaturk melarang tarekat dan pergi haji. Pendidikan agama amat dibatasi. Pengadilan agama ditutup, hukum pernikahan Islam diganti dengan hukum positif Swedia.
Kini angin segar kembali berhembus di Istanbul. Muslimah kini diperbolehkan lagi mengenakan jilbab.

Pada tahun 2010, saya berkesempatan mengunjungi kota Istambul, ketika ada penugasan ikut seminar tentang OIC. Saya sempat  masjid Biru, gereja yang diubah jadi masjid serta pasar yang pernah dibangun lebih dari 1000 tahun yang lalu.


Saya juga beli sepatu dan sempat memakai sorban imam masjid Biru. Saya merasakan teduh di masjid ketika sholat subuh. Benar, saya turis, tetapi menimati bangunan masjid justru kala setelah solat subuh dengan khusuk di sana.


Menurut sebagian riwayat, pada tahun 1923, ulama di surabaya dan pesisir jawa tengah gelisah, karena kekhalifahan islamiyah sebagai wujud dari tunggalnya kekuasaan daulah islmaiah hilang, karena Kemal Attaturk menyatakan, Turki adalah untuk Turki. Turki tidak bertanggung jawab kepada wilayah islam dan tidak lagi menggunakan islam sebagai ideologi negara. Utusan dari Surabaya tersebut datang ke Mekkah dan ingin mendapat kabar, apa betul kekhalifahan sudah dibubarkan. Setelah mendapat kabar dengan cukup dan sahih, maka utusan itu kembali ke Surabaya. Mereka berdiskusi dan memikirkan nasib ummat islam di dunia, khususnya di Indonesia. 
Mereka berpikir, siapa pemimpin mereka sekarang? Siapa yang menajdi khaliafh mereka sekarang? Apakah mereka mau mendirikan kekhalifahan? padahal Belanda masih bercokol kuat di Indonesia? Akhirnya mereka ber ijtihad. Mereka menyadari bahwa, kebangiktan ummat harus disiapkan. Kebangkitan islam harus disiapkan dengan matang. Mereka sadar, bahwa itu perlu waktu 10, 20, 100 bahkan mungkin 1000 tahun. Tetapi hitungan itu tak menjadi masalah. Kematian pun bukan sebagai halangan. Ganti generasi juga hal yang tidak merisaukan. Bahkan, bentuknya kayak apa di kelak kemudian hari juga tidak menjadi kerisauan mereka.
Yang jelas, mereka harus menyiapkannya. Mereka harus ikhtiar sebagai wujud pengabdian dan keimanan kepada Allloh SWT.
Ummat akan bangkit kalau pemimpinnya bangkit. Pemimpin akan bangkit kalau ulamanya bangkit. Akhirnya, lahirlah organisasi kemasyarakatan dan sekaligus organisasi perjuangan. Organisasi itu dinamakan Nahdlatul Ulama, yang artinya adalah kebangkitan para ulama. Lahir pada tahun 1926 di Surabaya!

No comments: